Home | Sejarah | Pimpinan | Inti Ajaran | Artikel | Arsip | Kontak Kami
Artikel YAKDI

Sabtu, 05 Februari 2011

YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA

Tentang Ketentuan Adab-adab/akhlaq Harian

1. Berwudhu setiap saat (dawaamulwudhu), membiasakan diri dalam keadaan suci setiap harinya dengan memelihara wudhu. Maka jika batal, seterusnya diupayakan berwudhu lagi.
2. Memperbanyak dzikrullah Syahadatain, Istighfar dan Shalawat (SIS). Berdzikir setiap hari dalam berbagai keadaan, (dawaamudzikri) untuk mengharap ridha Allah SWT.
3. Mengupayakan setiap malam sedikitnya dua raka’at. Ikhlas bermunajat kepada Allah melalui tahadzud, wirid/dzikir yang diperuntukkan bagi kemaslahatan umum, kebaikan warga bangsa dan Negara secara keseluruhan.
4. Membiasakan diri memberikan pelayanan, bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, misalnya, menolong orang yang tengah sakit, terkena musibah dan lain-lain
5. Mengikuti kegiatan pengajian (mudzakarah) setiap malam Senin dan malam Jum’at di Markas serta pengajian undangan malam Kamis di masing-masing rumah jamaah yang sudah disepakati.
6. Dianjurkan mengurangi makan, karena banyak dampak negatif dari perut yang penuh terisi dengan makanan. Mengupayakan melatih makan cukup satu kali atau paling banyak dua kali saja makan setiap harinya! Karena hakikat yang memberi kekuatan dan mengenyangkan itu hanyalah Allah SWT bukan zat makanan itu sendiri. Hal demikian juga melatih empati antarsesama saudara yang bernasib kurang beruntung.
7. Membiasakan minum air putih setiap pagi hari sebelum melakukan aktifitas lain dan bermohon agar Allah jadikan air putih tersebut sebagai obat untuk kesehatan sehari-hari.
8. Menghindari makanan minuman/obat-obatan atau asupan yang dominan mengandung zat kimiawi
9. Dianjurkan menjalin silaturrahmi setiap harinya agar hubungan sesama manusia menjadi lebih berkualitas dalam rangka pelaksanaan tawsiyah(pesa-pesan moral) tantang kebenaraan dan kesabaran
10. Bagi jamaah yang berstatus sebagai pengurus Yayasan, diwajibkan mengikuti rapat-rapat organisasi sesuai ketentuan.
11. Selalu memohon petunjuk kepada Allah SWT. Meminta bantuan, pertolongan dan perlindungan hanya kepadaNya dalam menghadapi segala ujian dan godaan melalui shalat, serta melatih diri senantiasa bersikap mental Sabar, Jujur, dan Ikhlas (SJI)
12. Membiasakan berkoordinasi kepada Pimpinan/Penanggungjawab kegiatan untuk pelaksanaan sebuah program sebagai pelaksanaan ajaran akhlaq (etika)


Diposkan oleh YAYASAN AKHLAQUL KARIMAH DARUL IMAN INDONESIA di 10.50